Materi Pemrograman Dasar untuk kelas 10 Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)


Materi pemrograman dasar Sekolah Menengah Kejuruan di bidang Teknik Informatika yang mengacu dan mengarah ke pembuatan sebuah aplikasi dan website ialah jurusan Rekayasa Perangkat Lunak atau yang biasa disingkat RPL. Di RPL kalian nantinya akan diajarkan dalam menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan logika. Di RPL sendiri terdapat banyak materi yang harus dipelajari. Di kelas 10 nantinya kalian akan diajarkan berbagai dasar dari bidang ini. Lalu apa saja yang dipelajari? di jurusan RPL nantinya kalian akan mempelajari mengenai algoritma, tipe data, operator, kondisi, pengulangan (looping), Array, Fungsi dan Prosedur serta User Interface. Materi tadi hanyalah garis besarnya saja, sebenarnya dari materi tadi masih ada banyak yang harus perlu dipelajari. Dari pengalaman saya sendiri, bahasa pemrograman yang dipelajari di kelas 10 ialah C++ karena bahasa pemrograman ini terbilang cocok untuk dipelajari oleh pemula. Di artikel kali ini saya akan membagikan beberapa penjelasan singkat mengenai garis besar materi pemrograman dasar yang ada di dalam jurusan RPL kelas 10.

Algoritma

Di materi awal ini kalian akan mempelajari algoritma, yang dimana arti algoritma ialah langkah-langkah yang logis. Ciri-ciri algoritma sendiri ialah berurutan dari awal hingga akhir. Algoritma sendiri memiliki struktur dasar yaitu runtunan (sequence), pemilihan (selection) dan pengulangan (repection).
Selain struktur algoritma juga memiliki beberapa notasi yaitu sebagai berikut.
Notasi I     : menyatakan tentang langkah-langkah algoritma dengan untaian kalimat deskriptif.
Notasi II    : menyatakan tentang langkah-langkah algoritma dengan diagram alir (Flowchart).
Notasi III   : menyatakan tentang langkah-langkah algoritma dengan Pseudocode.

Tipe Data

Tipe data adalah jenis nilai yang dapat disimpan pada suatu variabel. Nilai yang di tampung dapat berupa angka, huruf maupun simbol. Tipe data terbagi menjadi dua yaitu tipe data primitive  (sederhana) dan tipe data composite. Di dalam tipe data primitive terdapat tipe data numerik, karakter (char), string dan boolean. Sedangkan di dalam tipe data composite terdapat array dan blob.

Operator

Operator adalah perintah untuk menjalankan operasi-operasi tertentu dan operator sendiri dilambangkan dengan tanda atau simbol. Operator juga terdapat beberapa jenis yaitu sebagai berikut.

  • Operator penugasan (assignment operator)
  • Operator logika (logical operator)
  • Operator aritmatika
  • Operator relasional
  • Operator bitwise
  • Comma operator
  • Conditional ternary operator
  • Operator increment dan decrement
  • Compount assignment 
Konstantan

Konstantan adalah identitas yang terkait dengan nilai yang biasanya tidak bisa diubah oleh program dalam pelaksanaannya. Konstantan sendiri terbagi menjadi beberapa jenis yaitu konstanta bilangan yang meliputi bilangan bulat, bilangan desimal dan bilangan desimal berekspresi ganda serta konstanta teks yang meliputi data karakter, data teks (string) dan ekspresi.

Percabangan

Percabangan adalah suatu perintah yang akan dijalankan jika sudah memenuhi kondisi tertentu. Percabangan terdiri dari beberapa jenis yaitu IF, IF ELSE, nested IF dan switch case. Percabangan sendiri biasanya digunakan untuk program yang dibutuhkan sebuah keputusan didalamnya. Jadi misalnya jika program yang dimasukkan sesuai dengan kondisi yang ditentukan maka akan menghasilkan sesuatu yang ada di program tersebut dan begitu pula sebaliknya.

Perulangan (Looping)

Perulangan adalah eksekusi sebuah program yang akan dijalankan terus-menerus hingga kondisi menghentikannya. Perulangan terdiri dari beberapa jenis yaitu for, while-do, do-while, nested for. Perulangan akan dijalankan ketika inialisai, kondisi dan iterasi terpenuhi.

Larik (Array)

Array atau larik adalah suatu tipe data yang dapat menyimpan banyak data dengan suatu nama yang sama dan menempati tempat secara berurutan (kontigu). Array sendiri terdiri dari beberapa jenis yaitu array satu dimensi, array dua dimensi dan array multidimensi.

Fungsi (Function)

Function atau fungsi adalah bagian dari sebuah program yang digunakan untuk mengerjakan suatu perintah tertentu yang dimana menghasilkan suatu nilai untuk dikembalikan ke program pemanggil dan letaknya pun di pisahkan dari bagian program yang menggunakannya.

Prosedur (Procedure)

Procedure atau prosedur adalah program terpisah yang berfungsi sebagai program bagian dan tidak mengembalikan nilai, maka dari itu procedure sendiri menggunakan void karena void sendiri tidaklah mengembalikan nilai

Antarmuka pengguna (User Interface)

User interface adalah bagian visual yang nantinya akan dilihat langsung oleh pengguna. User interface dapat dilihat dari halaman depan suatu aplikasi atau program maupun website baik dari desain, bentuk dan warna program tersebut.

Cukup sekian materi singkat mengenai materi pemrograman dasar kelas x. Materi diatas hanyalah poin-poin nya saja yang nantinya akan diperluas. Semoga bermanfaat, mohon maaf bila ada kata atau kalimat yang sulit untuk dimengerti. Terima kasih sudah berkunjung.

Belum ada Komentar untuk "Materi Pemrograman Dasar untuk kelas 10 Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel